Dasar – Dasar Jaringan Komputer ;) | masaguz.com | shared knowledge

Dasar – Dasar Jaringan Komputer ;)

Written by Agus Setiawan on August 4, 2008


Sering kali kita dengar kata – kata JARINGAN KOMPUTER, sebenarnya apa sih JARINGAN KOMPUTER / Computer Networking itu?

Jaringan Komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling berhubungan satu sama lain untuk memanfaatkan sumber daya/resources yang ada secara bersama – sama. ( Agus Setiawan ;) )

Yang dimaksud dengan sumber daya itu adalah perangkat yang bisa dimanfaatkan bersama – sama, seperti harddisk, printer, cdrom, dan masih banyak perangkat yang lain.

Apa sih keuntungan dari terbentuknya Jaringan Komputer itu? Banyak sekali! Ya, antara lain adalah kemudahan dalam pengelolaan data, pengelolaan sumberdaya, memaksimalkan sumber daya, kemudahan dalam manajemen komputer/pengelolaan komputer dalam jaringan, dan masih banyak lagi yang lain.

Kelemahannya? Sebenarnya kelemahan disini relatif kecil, contoh, apabila pada salah satu komputer dalam jaringan terkena virus, kemungkinan komputer yang lain dalam satu jaringan terkena virus sangat lebar, utamanya kalo komputer – komputer tersebut tidak terjaga dengan baik (terinstall program anti virus, dll).

Alat – Alat apa saja yang dibutuhkan dalam membangun jaringan komputer?

Secara garis besar, Media Jaringan Komputer dibagi menjadi 2, yaitu jaringan dengan kabel, dan jaringan tanpa kabel (nirkabel).

Jika kita ingin membangun sebuah jaringan dengan kabel, alat – alat yang musti disiapkan antara lain :

Komputer ( Yeeee !!! ), Kartu Jaringan (NIC/Network Interface Card/LAN Card), Kabel RG45, UTP, Crimping Tool, HUB/Switch, Gunting, Sudah itu aja.

( Sementara itu dulu, Nanti disambung lagi dibagian lain ;) )

Incoming search terms:

dasar-dasar jaringan komputer, dasar dasar jaringan komputer, DASAR JARINGAN KOMPUTER, pengelolaan jaringan komputer, jaringan dasar, jaringan dasar komputer

Subscribe to my RSS feed

Leave a Comment