Bahaya Mobil Pada Anak | masaguz.com | shared knowledge

Bahaya Mobil Pada Anak.

Written by Agus Setiawan on August 24, 2009


Iseng iseng masuk detik health, ada info yang sangat berguna buat kita semua, silahkan di simak :

Maine, Beberapa anak menderita keracunan di Maine Amerika tahun lalu dari sumber yang tidak biasa yaitu mobil keluarga. Pemerintah setempat mengatakan penyebabnya berasal dari bangku duduk di mobil.

Bangku tersebut menjadi penyebab sumbernya yang kemungkinan terkena kontaminasi dari tempat kerja orang tuanya. “Orang tua mendapatkan kontaminasi tersebut dari pakaian yang digunakan saat kerja lalu duduk di bangku mobil keluarga tersebut,” ujar Tina Bernier dari Maine Department of Health and Human Services, seperti dikutip dari MSN, Senin (24/8/2009).

Bernier menambahkan bahwa orang tua yang bekerja sebaiknya mengganti pakaian kerja terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam mobil ketika pulang agar kontaminan tidak ikut masuk ke mobil. Namun, hal ini memang agak sulit untuk dilakukan.

Bahan yang berbahaya bagi anak-anak adalah bahan logam yang biasanya terdapat pada cat dan bahan bakar atau bensin mobil. Bahan ini sangat berbahaya bagi otak, ginjal maupun organ anak lainnya. Beberapa paparan bisa menyebabkan koma, gangguan kesehatan dan bahkan kematian. Untuk kadar yang rendah bisa mengurangi kepintaran, menyebabkan masalah pendengaran dan masalah lainnya, berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention.

Sebelumnya pada tahun 1978, pemerintah telah melarang penggunaan cat yang berbahaya. Lebih dari 30.000 kasus baru berhasil dideteksi tiap tahunnya melalui pemeriksaan darah. Pemerintah berpikir bahwa mungkin masih ada 240.000 anak lagi yang kemungkinan memiliki masalah yang tidak terdiagnosis.

Masalah ini ternyata bukan hanya berasal dari cat mobil keluarga saja, tapi juga berasal dari dalam rumah yang sedang direnovasi atau rumah yang rusak. Tapi, beberapa kasus belum bisa menentukan apa sumber pastinya.

Para peneliti juga meneliti kendaraan keluarga dan menemukan kadar yang tinggi pada bangku, lantai mobil. Dalam kasus tertentu ditemukan berasal dari bahan logam yang dari luar mobil yang dibawa masuk ke dalam mobil tersebut oleh orang tua.

Untuk itu, periksalah kembali setiap kebersihan dan keamanan mobil keluarga Anda, agar anak-anak tidak mendapatkan risiko keracunan akibat bahan-bahan ataupun debu yang terkandung di dalamnya.

Mudah mudahan artikel di atas bisa bermanfaat buat kita semua.


Subscribe to my RSS feed

Leave a Comment